Fungsi dan Manfaat Internet


Dowload Lengkap nya Klik Disini

1.      internet

internet – Kepanjangan internet ialah ‘interconnected-networking’ yaitu rangkaian, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket . Sejarah singkat internet sejarah internet di mulai pada 1969 ketika pertahanan amerika U.s. Defense Advance Researh Projects Agency (DARPA) memustuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Progam riset ini di kenal dengan nama ARPANET. Pada 1970 sudah lebih 10 komputer yng berhasil di hubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan . 26 maret 1976. ratu inggris berhasil mengirimkan e-mail dari royal signals and radar establisment di Malvern. Pada tahun 1982 di bentuk tranmision control protocol atau tcp dan internet protocol atau ip yang kita kenal semua.
                         

Dampak Positif :



1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain

6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.



Dampak Negatif :


1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).

2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.

3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).

4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
  

2.      E-Mail
e-mail (bahasa Inggris) adalah singkatan dari elektronik-mail yang artinya surta elektronik. Dalam bahasa Indonesia bisa disingkat “ratel”, “ratron”, “surel”, atau “surat-e”. Untuk selanjutnya sebutan yang terkenal adalah EMAIL. Arti dari email menurut wikipedia adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet)
Ada perbedaan yang mencolok antara email dengan surat biasa. Untuk lebih jelasnya perbedaan tersebut adalah:
Email;
1. Biaya hanya untuk koneksi internet.
2. Surat dalam bentuk file. Bisa berisi tulisan, gambar, foto dan video. Bila menginginkan dalam bentuk fisik perlu diprin/dicetak lebih dahulu
3. Waktu pengiriman sangat cepat. Sekali klik kirim, maka sudah bisa dibaca oleh si penerima
Surat biasa
1. Pengirim harus membayar per pengiriman surat dengan cara membeli prangko
2. Sudah dalam bentuk fisik berupa surat
3. Pengiriman paling cepat sehari dan bisa lebih
Karena banyak memberi manfaat lebih, maka email digunakan sebagai alternatif pengiriman surat . Mungkin karena kehadiran email ini, jasa pengiriman lewat pos sangat berkurang.
Fungsi Email
Semua yang ada hubungannya dengan intnernet (netter) pasti butuh email. Jadi fungsinya banyak sekali;
1. Kirim apapun lewat internet sarananya adalah email; surat, foto, gambar, ebook, video, dll
2. Aplikasi apapun menggunakan email untuk daftar; fb, buat blot/site, jadi anggota milis, dll.
3. Kebutuhan-kebutuhan lainnya; kontak person, periklanan, klik bank, dll.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi dan Manfaat Internet"

Post a Comment